Makanan Khas Jakarta yang Lezat, Bawa Penikmatnya Nostalgia – Makanan khas Jakarta sebenarnya sangat banyak. Kota besar ini juga memiliki sejarah panjang terkait dengan kuliner mereka.

Meski sudah tidak menjadi ibukota, namun Jakarta masih menjadi kota besar dengan sejuta cerita. Ternyata, ada berbagai kuliner menarik dari kota ini yang wajib dicoba.

Makanan Khas Jakarta yang Lezat, Bawa Penikmatnya Nostalgia

Makanan Khas Jakarta Lezat

Makanan Khas Jakarta yang Lezat, Bawa Penikmatnya Nostalgia – Jakarta terkenal dengan gedung-gedung tinggi dan teknologi modern. Meski begitu, kota ini juga tidak melupakan nilai-nilai tradisional di dalamnya.

Kota ini terkenal menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Sebab, makanan dari berbagai daerah dan negara lainnya ada di Jakarta.

Sebenarnya kota Jakarta juga mempunyai kuliner khas yang dari ada sejak lama dan sudah turun-temurun sebagai warisan leluhurnya. Kuliner Jakarta atau Betawi ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan mencerminkan kebudayaan Indonesia.

Sayangnya, kuliner tradisional tersebut mulai terlupakan. Ada banyak muda-mudi yang bahkan tidak mengetahui atau belum pernah mencoba makanan-makanan tersebut.

Oleh karena itu, orang-orang harus mulai melestarikannya. Berikut ini beberapa makanan khas Jakarta populer yang wajib dicoba:

1. Roti Buaya

Pertama ada roti buaya. Ini merupakan roti khas Jakarta yang sudah sangat terkenal karena bentuknya. Sesuai namanya, roti ini berbentuk buaya. Roti ini menjadi salah satu makanan wajib ketika di acara pernikahaan.

Di adat Jakarta, ternyata biaya menjadi lambang dari pernikahan. Roti buaya ini sudah menjadi hal yang sangat paling istimewa karena mempunyai makna yang sangat dalam.

Diharapkan dalam suatu pernikahan kedua pasangan wajib untuk saling setia dalam satu sama lain seperti halnya buaya. Hingga saat ini, roti buaya yang menjadi sajian wajib di pernikahan adat Betawi.

2. Nasi Uduk

Selanjutnya ada nasi uduk. Makanan ini sudah sangat populer sebagai sarapan yang sangat terkenal di daerah Jakarta dan bahkan di seluruh Indonesia.

Nasi uduk merupakan hidangan dari nasi yang dimasak dengan menggunakan santan. Kemudian, menyantap nasi ini akan bersama dengan lauk-pauk yang sangat beragam.

Masyarakat bisa mengonsumsi nasi uduk dengan ayam goreng, semur, tahu berbagai gorengan lainnya.. Karena dimasak bersama dengan santan, maka nasinya akan terasa gurih.

Aroma santan yang khas akan membuat nafsu makan meningkat. Bagi penduduk jakarta, nasi uduk adalah pilihan sarapan tempat untuk sehari-sehari.

3. Kue Cucur

Kue cucur adalah snack atau makanan ringan. Makanan khas Jakarta ini cocok untuk menjadi teman minum teh atau kopi.

Kue cucur memiliki rasa manis yang pas berkat gula merah. Camilan tradisional Jakarta ini mempunyai warna keemasan karena dibuat dengan adonan tepung beras yang digoreng.

Tidak perlu khawatir karena rasa manis kue ini sudah sangat cocok dan memiliki sedikit rasa gurihnya. Menemukan penjual kue cucur tidak sulit di jalanan sekitar Jakarta.

4. Es Selendang Mayang

Udara Jakarta yang panas membuat warganya pasti ingin sesuatu yang segar-segar. Makanan khas Jakarta juga ada yang menyegarkan.

Es selendang mayang adalah minuman yang terdiri dari adonan tepung hunkwe dipotong-potong kemudian campuran kuah santan, sirup panda, serta es serut. Minuman ini sangat menyegarkan di siang hari.

Selain itu, penampilan es ini juga sangat menarik karena warna-warni dari adonan tepung minuman. Itulah kenapa, hidangan ini sangat unik dan menarik perhatikan banyak orang.

5. Kerak Telor

Di daftar selanjutnya adalah ketak telur. Jika mengunjungi berbagai wisata di Jakarta, pasti tidak sulit menemukan penjual kerak telor ini.

Bahkan, kerak telur menjadi makanan khas Jakarta yang sangat populer. Makanan tradisional ini dibuat dengan perpaduan beras ketan dan telur ayam maupun telur bebek.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu rempah khas Betawi yang sangat lezat. Nantinya, kerak telur akan dihidangkan dengan taburan kelapa yang sudah disangrai agar dapat menambah tekstur yang renyah.

6. Kembang Goyang

Kembang goyang juga merupakan camilan tradisional populer dari Jakarta. Makanan ini dibuat memakai adonan tepung dan telur yang sudah digoreng.

Menariknya, camilan ini berbentuk bunga yang sangat renyah. Rasanya manis dan gurih membuat camilan ini sangat populer untuk berbagai acara.

Biasanya, masyarakat bisa menemukan camailan ini dengan mudah saat menjelang Idul Fitri. Pasti banyak orang Jakarta yang menyediakan kembang goyang di rumah mereka sebagai penyambut tamu yang datang.

7. Soto Tangkar

Makanan khas Jakarta satu ini mungkin sangat asing di sebagian kalangan yang ada di indonesia. Padahal, sebenarnya soto tangkar adalah varian soto khas Jakarta yang sangat lezat dan menggugah selera.

Kuah soto ini sangat gurih dan terbuat dari santan serta daging sapi. Daging sapi di soto tangkar sangat empuk jadi mudah disantap.

Umumnya, soto tangkar disajikan dengan telur rebus, bawang goreng, serta ketupat. Hal yang menarik adalah potongan daging sapinya besar dan lezat.

Dengan begitu, siapapun yang mencicipinya pasti akan ketagihan. Kelezatan makanan ini akan meleleh di mulut dan wajib dicoba saat berada di Jakarta.

8. Gado-gado

Gado-gado adalah salad khas Indonesia yang terbentuk dari perpaduan sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kentang, tempe, hingga tahu, yang dihidangkan dengan menggunakan lontong atau ketupat, dan dibumbi menggunakan kacang yang sangat kental.

Bumbu kacang tersebut dibuat dengan gabungan dari kacang tanah yang sudah digiling halus, gula merah, garam, petis, hingga air jeruk nipis. Gado-gado sering dihiasi dengan kerupuk dan telur rebus, memberikan tambahan tekstur dan rasa yang lezat.

Penutup:

Makanan-makanan tersebut merupakan asli dari Jakarta dan bagian dari budayanya. Tidak heran jika banyak yang menjual makanan tersebut di area sekitar Jakarta.

Dengan teknologi saat ini, masyarakat bahkan bisa mencobanya dengan membeli secara online. Jadi, tidak perlu repot keluar rumah dan menerjang kemacetan Kota Jakarta.

Banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan tersebut dengan harga lebih terjangkau. Namun, makanan tersebut juga pasti bisa ditemukan di restoran khusus makanan Betawi.

Generasi muda wajib untuk melestarikan makanan-makanan Jakarta tersebut. Jangan sampai makanan yang lezat terlupakan atau bahkan diklaim oleh negara tetangga karena generasinya sendiri tidak menjaganya. 

Makanan khas Jakarta Betawi tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya dan bahkan setiap daerah memiliki banyak makanan khasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *