Ragam Kuliner Khas Surabaya Wajib dicoba yang Legendaris – Kuliner khas Surabaya menjadi sasaran wajib untuk dinikmati saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Berpadu dengan cita rasa yang khas sekaligus melegenda deretan kuliner tersebut dapat menciptakan sensasi dan pengalaman terbaru. Berbagai jenis hidangan lezat ini bisa dinikmati mulai dari pagi hingga malam hari

Ragam Kuliner Khas Surabaya Wajib dicoba yang Legendaris

Ragam Kuliner Khas Surabaya Paling Enak, Wajib Dicoba

Ragam Kuliner Khas Surabaya Wajib dicoba yang Legendaris – Kota Surabaya tidak hanya menyimpan berbagai peristiwa penting tanah air. Menjadi ibukota di Jawa Timur, Menjadikan Surabaya dengan salah satu destinasi wisata bagi para turis lokal hingga mancanegara.

Selain tempat-tempat bersejarahnya, kota ini juga menyimpan sajian kuliner melegenda yang siap menggoyang lidah.

1. Rujak Cingur Joko Dolog

Rekomendasi kuliner pertama wajib untuk kita cicipi adalah rujak cingur. Ciri khas dari rujak ini adalah menggunakan cingur atau mulut sapi yang dicampur dengan aneka sayuran serta buah-buahan. Bumbu pelengkap campuran dari kacang goreng, hingga serutan pisang batu akan menambah kelezatan nikmatnya rujak ini.

Rujak Cingur Joko Dolog telah berdiri sejak puluhan tahun silam. Para pengunjung bisa mencicipi sajian rujak khas Surabaya ini dengan merogoh kocek Rp 32.000 per porsinya. Adapun lokasi warung berada di Jl. Taman Apsari, No. 25 Embong Kaliasin. Pastikan untuk datang di jam buka mulai dari jam 10.00 pagi hingga jam 04.00 sore.

2. Sate Ayam Lisidu

Kuliner khas Surabaya satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Sate ayam dengan memiliki bumbu khas yang dibakar menciptakan cita rasa unik hingga lezat. Para pengunjung dapat memilih bagian ayam sesuai dengan keinginan, seperti paha, dada, kulit, dan aneka jeroan.

Pengolahan sate ini cukup unik dimana satu porsi sate berisi 4 sampai dengan 5 potong daging. Setelah direndam bumbu-bumbu rempah rahasia, daging ayam tersebut kemudian langsung dibakar di atas bara api. Sungguh sedap jika kita nikmati bersama keluarga, sambil menyaksikan keramaian kota Surabaya di malam hari.

3. Bebek Sinjay

Kuliner bebek menjadi makanan wajib saat berkunjung di Jawa Timur. Warung makan Bebek Sinjay asli Bangkalan Madura ini, menjadi rekomendasi kuliner wajib yang tidak bisa kita lewatkan. Memiliki berbagai cabang di Surabaya, tentu bukanlah hal sulit untuk menemukan sajian menu bebek goreng berbumbu ini.

Nikmatnya sajian bebek goreng rempah dengan aneka sambal khas Surabaya siap membuat lidah kita bergoyang. Harga per porsi dari bebek Sinjay ini juga terbilang sangat murah, yaitu sekitaran Rp. 25.000 per porsinya saja.

4. Rawon

Sajian rawon memang tidak boleh ketinggalan dari daftar menu kuliner saat berada di Surabaya. Makanan berkuah pekat dengan potongan daging ini, menjadi primadona saat berkunjung ke kota Pahlawan. Biasanya, warung rawon akan sangat mudah dijumpai di seluruh wilayah Surabaya.

Rawon yang hangat dapat dinikmati dengan nasi putih, telor asin, tahu dan tempe goreng, serta kerupuk. Cita rasa rawon yang khas dengan kuah pekat menggoda sangat nikmat jika diracik menggunakan sambal dan kucuran jeruk nipis. Beberapa warung rawon paling recommended saat berkunjung ke Surabaya, diantaranya adalah Rawon Kalkulator, dan warung Rawon Setan.

5. Tahu Telor Pak Jayen

Kuliner khas Surabaya berikutnya adalah sajian tahu telor milik Pak Jayen. Tak tanggung-tanggung, saking tenarnya warung ini bahkan kini sudah diliput oleh berbagai food influencer hingga food vlogger.

Sudah legenda sejak lama di kota Surabaya, tahu telor tersebut dapat kita nikmati dengan harga Rp. 11.000 sampai 18.000 saja untuk per porsinya. Cukup ramah di kantong, bukan? Menu tahu telor yang sederhana namun diolah cukup istimewa dengan bumbu kacang yang lezat menjadi ciri khas kuliner satu ini.

6. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Memiliki cita rasa yang unik dan harga relatif terjangkau membuat lontong balap menjadi cukup familiar. Kuliner khas Surabaya ini, merupakan rekomendasi hidangan sarapan hingga makan siang paling banyak diminati. Berisi potongan lontong, tahu goreng, dan tauge yang disiram kuah berbumbu serta potongan lentho di dalamnya.

Bagian paling khas dari sajian ini, karena penggunaan petis udang sebagai bumbu utamanya. Berbagai menu pelengkap sajian ini pun tersedia cukup beragam. Seperti kerupuk, tahu dan tempe goreng, hingga yang paling istimewa adalah sate kerang.

7. Sego Sambel Mak Yeye

Mungkin sebagian dari kita sudah sangat familiar dengan hidangan khas satu ini. Kuliner khas Surabaya sego sambel, terdiri dari menu sederhana rumahan yang cukup melegenda. Seporsi nasi hangat, dengan lauk iwak pe, dan sambal pedas terasa sangat nikmat dan tidak ada duanya.

8. Sate Klopo

Kembali ke menu persatean, hidangan ini cukup unik bagi kaum pecinta makanan sate. Bagian terunik dari kudapan ini adalah adanya bahan campuran klopo untuk menambah cita rasa khasnya. Klopo sendiri dalam bahasa Jawa artinya adalah kelapa. 

Kelapa yang diparut sebagai lumuran sate kemudian dibakar akan menjadi pembeda rasa dari jenis sate lainnya. Bau harum dan gurih khas kelapa akan menguar menambah sensasi rasa lezat dan unik pada hidangannya.

9. Soto Gubeng

Soto, memang menjadi makanan khas hampir di seluruh daerah nusantara. Faktanya, pada setiap daerah memiliki ciri khas pembeda pada setiap sotonya. Baik pada jenis kuah, isian, hingga proses pembuatannya.

Salah satu makanan khas Surabaya adalah Soto Gubeng. Merupakan kudapan khas yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Gubeng sendiri, diambil dari nama stasiun terbesar di kota Surabaya.

Satu hal yang menjadi pembeda soto ini dengan jenis soto lainnya adalah karena pemilihan kuah cukup kental serta toping isian bermacam-macam. Aneka bagian daging sapi, hingga jeroan berpadu dengan gurihnya kuah kental ini bisa dinikmati bersama menu pelengkap lainnya. Seperti sate-satean, tahu dan tempe goreng, perkedel serta kerupuk.

Penutup:

Demikian tadi berbagai rekomendasi kuliner khas Surabaya yang siap memanjakan lidah selama berkunjung. Selain rekomendasi menu makanan di atas, tentunya masih ada banyak jenis makanan khas di Surabaya lainnya dengan cita rasa unik dan melegenda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *